Selasa, 11 November 2008

MENGATASI SARIAWAN

Ketika anda menderita sariawan, anda akan mengalami ketidaknyamanan dan kehilangan kenikmatan.
Ada ketidaknyamanan pada saat berbicara, sehingga yang biasanya cerewet, tiba-tiba berubah jadi pendiam, yang biasa ceria menebar senyum kemana-mana, tiba-tiba berubah jadi “nyengir” atau malah cembetut melulu………yang biasanya jago makan, tiba-tiba semua makanan yang enak-enak berubah menjadi tidak enak, karena kalau udah nyampe mulut dan bersentuhan dengan luka sariawan, rasanya bakalan nyut-nyutan….apalagi kalau makananannya terasa asam, pedas atau asin, wah nyerinya bakalan makin mantap…..
Nah, supaya bisa mengurangi penderitaan anda seperti diatas, ada baiknya anda memahami tentang penyakit ini, gimana cara mencegah dan mengatasinya ………


Apa itu sariawan?
Sariawan atau bahasa medisnya disebut stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Penyebab sariawan
Sariawan merupakan penyakit yang sifatnya self limiting artinya akan sembuh dengan sendirinya (umumnya dalam waktu 7-14 hari). Beberapa ahli menyebutkan, bahwa penyebab pasti dari sariawan itu sendiri belum diketahui secara pasti, tapi dari beberapa literatur, disebutkan ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan sariawan, diantaranya:

1.Trauma mekanis
Trauma mekanis dapat disebabkan oleh:
•Tergigit pada bagian dinding pipi, bibir bagian dalam atau lidah
•Sikat gigi yang “nyungsep” (gara-gara ngelamun saat sikat gigi) akhirnya melukai gusi
•Pengaruh gigi palsu
•Pengaruh kawat gigi

2.Kekurangan vitamin C, Vitamin B12 dan zat besi

3.Infeksi bakteri/ virus

4.Kondisi tubuh tidak fit
Ketika pertahanan tubuh menurun, maka akan rentan sekali terinfeksi oleh bakteri/ virus tersebut

5.Reaksi obat tertentu

6.Mengkonsumsi makanan/ minuman panas

7.Alergi
Individu tertentu dapat mengalami alergi terhadap makanan tertentu, karena makanan tersebut dapat menstimulasi terjadinya sariawan, seperti keju, coklat, kopi, kacang-kacangan, kentang, tomat

8.Kelainan pencernaan

9.Kurang menjaga kebersihan mulut

10.Faktor psikologi (stress)

11.Ketidakseimbangan hormone (pada wanita yang mengikuti siklus menstruasi)

Cara mencegah sariawan
Setelah mengetahui penyebab sariawan, maka anda pun dapat berusaha mempertahankan diri agar tidak terkena penyakit sariawan, diantaranya dengan cara:

1.Sering gosok gigi, agar kebersihan mulut senantiasa dapat terjaga
Kalau jarang membersihkan mulut, maka resiko terinfeksi oleh bakteri/ virus bisa lebih tinggi

2.Banyak minum, agar mulut lebih sering terbilas air, sehingga dapat meminimalkan kotoran yang bersarang di gigi/ mulut

3.Kumur-kumur dengan antiseptik, seperti air rebusan daun sirih atau produk-produk obat kumur yang mudah kita jumpai di apotek atau supermarker. Tapi jangan keseringan juga, karena bisa membuat mikroorganisme menjadi resisten

4.Tingkatkan daya tahan tubuh, dengan cara istirahat yang cukup, olah raga dan mengkonsumsi makanan bergizi

5.Menghindari stress

Cara mengatasi sariawan
Pengobatan sariawan bertujuan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sariawan:

1.Berkumur dengan air garam hangat.

2.Berkumur dengan mouth wash yang mengandung thymol glyserin untuk mengurangi rasa tidak nyaman, atau berkumur dengan antiseptik yang mengandung chlorhexidine atau povidone-iodine

3.Perlindungan mekanis dengan sediaan berbentuk pasta atau serbuk yang mengandung carmellose sodium, atau sediaan berbentuk gel yang mengandung triamsinolon asetonida 0,1% (anda dapat membelinya di apotek dengan nama dagang Kenalog®). Obat tersebut di oleskan di bagian luka.

4.Untuk mengurangi rasa sakit dapat digunakan analgetik seperti salisilat, yang berfungsi untuk mengatasi iritasi dan luka lokal

Referensi:
Martindale, the complete drug reference
www.med.ucla.edu
Wikipedia


29 komentar:

  1. ternyata yang punya cewek toh. wah salam kenal mbak ya. Owh, baru tau stress juga bikin sariawan ya. aneh - aneh aja. tapi tips yang paling dahsyat sih, saya banyak makan sambal klo pas sariawan, alhamdulillah gak lama ngabur sariawannya hehe.

    BalasHapus
  2. soalnya kandungan vitamin C di sambal memang tinggi.........tapi hati-hati aja bagi mereka yang memiliki sakit maagh.....
    kalau saya sendiri sih, suka pake tablet vitamin C, dan tabletnya di tempel ke bagian luka, pokoknya sampai terasa perih dan berurai air mata, tapi alhamdulillah juga besoknya udah terasa lebih baik dan sembuh...soalnya kalau gak kayak gitu penyembuhannya lama. tapi kalau gak mau berperih-perih ria, oleskan aja obat yang mengandung triamnisolon asetonida 0,1% (dipasaran dapat diperoleh dengan nama dagang Kenalog, tapi kenalog ini tergolong obat keras, sehingga penggunaannya tidak boleh sembarangan, bisa ditanyakan kepada apoteker di apotek terdekat)

    BalasHapus
  3. tapi nih mba yg lebih afdol [hehe] beristigfar, kemudian menjaga mulut [berkata2] dari perkataan yg tidak baik, bole baca di artikel-ku tentang bengkel hati-nya ust.danu TPI,insya allah tanpa obat kimia akan sembuh.karena obatnya dari kita sendiri...

    BalasHapus
  4. yup, betul banget...pengobatan dari dalam diri adalah senantiasa beristighfar, membersihkan hati....membersihkan mulut dari perkataan sia-sia...makasih mba sarannya...

    BalasHapus
  5. kalo saya mba.... kena sariawan 3x minum ester C langsung enakan mba.... harikelima udah bisa ketawa ngakak lagi...

    saya biasa gejal kalo stress, kadang ketiduran sore belum gosok gigi, atau dalam 1 minggu makan makanan yang pedas2 itu jelas minggu berikutnya sariawan

    BalasHapus
  6. hohohohoho kemaren gw baru aja sariawan dua biji lagi gede2 banget lobangnnya,,,,sakit,,cembetut,,bawaan mau marah d.gw coba pake garam,air kelapa,borax glycerine,tp masih nangkring aja tuch sariawan makin kesel banget karena ga sembuh2 akhirnya gw pakein getah daun jarak,,ditambah minum adem sari dech akhirnya sekarang sembuh d...obat yang ga kalah pentingnya yaitu sabar karena orang sariawan itu lagi di tes kesabarannya...hehehe

    BalasHapus
  7. Memang menyebalkan kalo lagi sariawan.... gawaannya makan males, ngomong males.... tp jangan menyerah. Lawan itu sariawan..penyakitnya gak tampak, tp sakitnya naudubillah......

    BalasHapus
  8. ayah andi bernama iwan
    naik mobil kosong bensinya
    mulut gue lagi sariawan
    pasti sakit rasanya



    P.S.yaiyaalaah pasti sakit

    BalasHapus
  9. saya lagi sariawan juga ni..
    bingung bgt gmana cara ngatasinya..
    kepengen gua bakar ni bibir..
    tpi gk mungkin donk..
    buat tmen" bntu dlam doa y..
    biar cpat sembuh..
    :)

    BalasHapus
  10. lg sariawan neh, lukanya disudut bibir..makanya ktemu ni artikl..mw pake abotil..biasanya panas+perih tp cpt smbuh..

    BalasHapus
  11. Sariawan kadang lama sembuhnya. walaupun sudah mencoba minum vit c, adem sari, segar dingin dan sebagainya. Bagi anda yang tidak betah sakit sariwan terlalu lama coba tetesi sakit sariawan anda dengan ALBOTIL. ALBOTIL bisa dibeli apotik. Setelah ditetesi obat ini pedihnya minta ampun, tapi jangan kawatir setelah beberapa menit kemudian langsung merasakan bedanya.Luka tadi langsung berubah warna menjadi putih. Rasa sakit di bibir atau lidah akan langsung hilang.Bahkan luka tadi bila bersentuhan dengan makanan tidak akan terasa sakit. Dan anda langsung bisa senyum, bicara dan makan dengan nyaman hanya dalam hitungan detik...

    BalasHapus
  12. saya sama sariawan langganan sekali,,,,,,samape2 ke dokter karena hampir tiap 1 bulan 4 x saya kena sariawan.....dan sariawanya parah banget........apa itu penyebabnya klw keseringan sariawan?.........semua obat sariawan pernah saya beli semua tpi tetep jh selalu ada ...makasih

    BalasHapus
  13. kalo sembuh sendiri jadi tidak ada obat cuma pencegahan ya.

    BalasHapus
  14. Damailah burung-burung, damailah manuk-manuk. Salam damai blogger indonesia

    BalasHapus
  15. Thanks ya mbak, atas tips nya. alhamdulillah bermanfaat.

    BalasHapus
  16. coba ah.., oia kalo boleh nambahin penyebab sariawan bisa juga dikarenakan gigi geraham tumbuh, biasanya saya sih gtu..klo sariawan pasti pas gigi geraham ada yg tumbuh, jadi formasi giginya udah beda gk kyk biasanya n bikin pipi kegigit2 klo ngunyah.. :D

    BalasHapus
  17. sama ni, udah 3 hari lebih sariawan di ujung bibir.. mau makan bawaannya males banget..
    ketawa sakit, mangap sakit, makan sakit krna kesenggol tuh luka :(
    udah pke pasta gigi madu di olesi ke luka masih blm sembuh jg :(
    kalo kata org2 ci ni namanya boes gtu u,u
    ga nyaman banget dah

    BalasHapus
  18. 25 Agustus 2011
    mbak ...saya kyy tiap bulan sariawan trz langganan he kdang sariawan y smbuh sndiri kdang gx smbuh2 skt bgt gx bsa ktwa, ngmng jga plan2 smbil nahan rsa skt apa lg sariawan d i lidah.dh bca tips2 y td jd tw,,,mksih y!do'ain mga sariawan skrg saya smbuh.

    BalasHapus
  19. sariawann...
    huhhh hajar aja pake bakso yang super duper pedass,d jamin sembuh

    BalasHapus
  20. ATOOOH SAKIT BUKAN MAIIIIINNN SAKIT MINTA AMPUNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    BalasHapus
  21. kalau saya sariawan pakainya propolis. maknyos rasanya

    BalasHapus
  22. saya lagi sariawan di 4 lokasi di daerah mulut nich mbk. yg pertama di belakang lidah, ke 2 di gusi gigi bawah, ke 3 di gusi gigi atas yg dicabut ke empat di pipi dalam. apa karena pakai kawat gigi ya...jaid merana gini...he..he..akhirna sariawan ini mengundang faringitis, panas dalam, batuk dan pilek...hiks..hiks...

    BalasHapus
  23. lagi sariawan di sebelah kanan bibir nih.sakitnya nyut2an bgt.mau makan aja susah,senyum gak bisa,ketawa apa lagi!

    Merana bgt deh :'(

    BalasHapus
  24. terima kasih buat infonya, kalo sariawan saya biasanya makan buah naga.

    BalasHapus
  25. sariawan? itu sih langgananku tiap bulan..menjelang mens pasti dah sariawan dan jerawat muncul..nah klo yg krn hormon gini,mencegahnya gmn? soale eneg bgt deh ngerasainnya,pake albothil udah,tablet vitacimin yg ditempelen ke lukanya udah,makan tumisan cabe hijau udah,minum jus tomat tiap hari,sampe minuman wajibku u-c1000..tp tetep tiap bulan nih sariawan nongol..

    BalasHapus
  26. Kalau saya sih biasa kumur-kumur pakai albotil saja. Tapi kumur2 pakai jus tomat juga bagus tuh. nice info

    BalasHapus
  27. Hemmm,ni lg sariawan di lidah,3 biji lagi..yg biasax q cerewet..jd diem sribu bhasa..habisnya perih banget..ampun dahh..kenalog udh,mouthwash sering..q emg langganan sariawan,tapi pas hamil sariawan ga pernah nongol.eh,anakq dah keluar..langsung sariawan menyerang again..nyiksa banget nie..

    BalasHapus