Senin, 24 November 2008

MENGATASI RADANG TENGGOROKAN

Anda pernah menderita radang tenggorokan? Kalau pernah, tentunya anda tahu bagaimana rasanya. Kalau sudah terkena penyakit ini, biasanya makan jadi gak enak, dan jadi “gak enak” badan. Sebenarnya apa sih radang tenggorokan itu, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya?

Definisi
Radang tenggorokan atau faringitis adalah penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau faring.

Penyebab

Radang ini bisa disebabkan oleh :
1.Virus coxsackie
2.Bakteri golongan Streptococcus. Ciri jika terinfeksi bakteri streptococcus diantaranya nyeri saat menelan, adanya bintik putih, muntah, adanya nanah pada kelenjar amandel disertai pembesaran kelenjar amandel
Daya tahan tubuh yang melemah dapat memudahkan anda terinfeksi mikroorganisme.

Penyebaran
Bakteri golongan Streptococcus, cenderung senang berada dalam hidung dan tenggorokan anda, sehingga ketika anda batuk, ngorok ketika tidur, atau bersalaman dengan orang lain, akan memudahkan penyebaran infeksi ke orang lain. Karenanya sangat penting untuk memperhatikan hygiene, seperti sering cuci tangan

Gejala
Radang tenggorokan ada yang akut dan kronis
Gejala dari radang tenggorokan akut (masih baru) diantaranya gejala nyeri tenggorok, kadang-kadang disertai demam dan batuk. Sedangkan gejala radang tenggorokan yang sudah kronis (sudah berlangsung dalam waktu yang lama), biasanya tidak disertai nyeri menelan, tetapi terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorok.

Diagnosis
Untuk mengetahui apakah radang tenggorokan disebabkan virus atau bakteri, maka perlu pemeriksaan kultur di laboratorium, hal ini penting untuk menentukan tindakan pengobatan yang tepat. Pengujiannya hanya memerlukan waktu 10- 20 menit, jika hasil uji negative, anda dapat melanjutkan pengujian yang memerlukan waktu 24- 48 jam untuk mengkonfirmasi hasil uji tersebut. Jika hasil uji tetap negative, berate anda tidak mengalami radang tenggorokan tetapi kemungkinan terkena infeksi lain.

Pengobatan
1.Banyak minum air putih hangat

2.Berkumur dengan air garam hangat

3.Banyak makan buah-buahan

4.Istirahat yang cukup

5.Hindari minuman, seperti jus jeruk atau minuman/makanan lainnya yang bersifat asam yang dapat mengiritasi tenggorokan anda

6.Hindari rokok/asap rokok/ minuman beralkohol

7.Hindari konsumsi makanan yang berminyak/berlemak

8.Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila anda terinfeksi oleh bakteri. Antibiotik yang digunakan contohnya amoxicillin, tetapi jika anda alergi terhadap amoxicillin, dapat digunakan antibiotik lain. Biasanya dokter meresepkan antibiotik untuk 5 hari. Habiskan antibiotik, walaupun setelah 4 hari anda merasa baikan, hal ini untuk mencegah terjadinya resistensi dari bakteri.

9.Jika penyebabnya virus, maka tidak dapat diobati dengan antibiotik. Anda hanya akan diberi obat yang bersifat menghilangkan gejala, seperti menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan antipiretik (penurun demam) atau analgesic (penghilang rasa nyeri).

Pencegahan
Untuk menghindari penyebaran penyakit ini di lingkungan keluarga anda, pastikan anggota keluarga anda yang sedang sakit radang tenggorokan menggunakan peralatan makan dan minumnya sendiri, (jangan menggunakan bareng anggota keluarga yang lain), pastikan juga handuk, lap terpisah dari anggota keluarga yang lain.
Biasakan ketika bersin/batuk untuk menutup mulut.

Referensi: dari berbagai sumber


62 komentar:

  1. tersiksa banget klo dah susah menelan ~_~

    BalasHapus
  2. jangan sampe kena penyakit ini, gk bisa ngerokok saya =_=

    BalasHapus
  3. kalo berkumur dengan air garam katanya bisa merusak gigi, apa betul?

    BalasHapus
  4. menurut saya, berkumur dengan air garam kita lakukan disaat kondisi mulut atau tenggorokan kita sedang bermasalah. kalau sedang sehat rasanya tidak perlu.......kalau mekanisme kerja bagaimana air garam bisa merusak gigi, saya belum mendapat informasi hasil penelitian secara ilmiah...mungkin ada dokter gigi yang lebih berkompeten untuk menerangkannya bisa membantu ikut menjelaskan...

    BalasHapus
  5. saya sering kena radang dulu, dan sembuhnya minum air garam ato makan buah pepaya. pokoknya makan yg adem2 gitu. tapi bukan es krim.

    BalasHapus
  6. saya sering sekali terserang radang tenggorokkan , bahkan sebulan sekali. Ada kah obat2 atau resep yang bisa menyembuhkan secara alami ?

    BalasHapus
  7. yang paling baik adalah tindakan pencegahan. kita akan terinfeksi manakala daya tahan tubuh kita juga menurun, maka untuk mencegah agar tidak sering terserang radang tenggorokan, daya tahan tubuh kita harus ditingkatkan, diantaranya seperti yang disebutkan diatas, olahraga yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi serta istirahat yang cukup....

    BalasHapus
  8. obat radang tenggorokan :
    Pagi bangun tidur kunyah bawang putih 1 siung sampai lumat ,telan.Tablet ephisol isap 3-4 x/hari.Lakukan 3-4 hari.
    Obat murah-meriah dan hasilnya nyata.
    Salam
    SIGOGEL-TGR

    BalasHapus
  9. Kalau gitu bisa lihat tulisan saya yang berjudul “MULTI KHASIAT BAWANG PUTIH”….terima kasih

    BalasHapus
  10. sakit banget.....!!!!!!!!!!!!!
    di tenggorokan kayak ada batu yang berduri
    untuk menelan jugaa susah
    kadang2 kalau kambuh, suaranya serak bahkan hampir gx bsa ngomong

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal saya rara, bisa kasih tips gak ... soalnya ibu saya jg ngalamin hal yg sama tuh, suaranya sampe ilang gitu, thks

      Hapus
  11. wah pengalaman saya sampai g nafsu makan, akibatnya berat badan menurun..
    bete sangat dh,,
    tapi biasanya saya rutin minum teh hangat agar sembuh

    BalasHapus
  12. Sangat cocok dengan ciri-ciri sakit yg saya alami sekarang, mngkin sy udah menderita selama 1-1,5 tahun belakangan ini, disertai lesu dan rasa mengganjal yang sangat mengganggu pada tenggorokan, bahkan kalo lagi parah2nya, bisa ampe sesak nafas.. Konsul ke dokter cuman dikasih antibiotik terus,.. bener2 bikin stres..Plis bantuin ya..
    Email : bloer3y@gmail.com

    BalasHapus
  13. uh cakit banget wat nelen... uh BT
    gag enak bdn, pegel2.....
    Email: juve34goodgirl@yahoo.co.id

    BalasHapus
  14. Sumpah..ini adalah penyakit yg sangat amat menyiksa saya,perih sekali saat menelan,jgnkan menelan mknan,jika minum saja rasanya seperti ditusuk2 nih tenggorokan..
    saya belum coba ke dokter,tp saya sudah mencoba resep2 yg diatas,semoga bisa berhasil dan menyembuhkan saya.thnx

    BalasHapus
  15. Selamat Sore,
    Hanya ingin berbagi info saja.
    Ternyata PROPOLIssangat efektif untuk mengatasi Radang Tenggorokan, aman tanpa efek samping. PROPOLIS berfungsi sbb:
    1. Antibiotika alami (anti mikrobial,anti virus, anti bakteri, anti jamur)
    2. Anti radang
    3. Anti alergi
    4. Anti oksidan (anti kanker)
    5. Nutrisi (perbaikan sel)
    6. detoksifikasi

    Kandungan bioflavanoidnya yang tinggi (satu tetes setara dengan yang terkandung dalam 500 buah jeruk) memiliki fungsi memperbaiki sistem kapilari dan pembuluh darah.

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com
    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

    BalasHapus
  16. Tenggorokan nya wuih pedes bangettttttttt...menderita sekali waktu itu

    BalasHapus
  17. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk radang tenggorokan, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

    BalasHapus
  18. sy paling benci radang tenggorokan!!!
    pasti disertai pilek ma batuk...
    bingung nyri obatnya.

    BalasHapus
  19. iya bener banget aktivitas sehari-hari pun terganggu ..

    huuh penyakit ini emang sakit , sampai-sampai untuk ngomong pun susah ,

    pengen cepet - cepet sembuh .

    BalasHapus
  20. kalaw dah kena radang sekujur tubuh sakiiiit bgt..........moga tips diatas bisa nyembuhin akoe....amen

    BalasHapus
  21. gimana caranya..mngatasi..radang tenggorokan,,,
    yang memproduksi lendir terus menerus...
    didaerah hidung n tenggorokan...
    ??

    BalasHapus
  22. O... ternyata ga boleh minum jeruk to..??? thanx infonya

    BalasHapus
  23. dewii<
    ya aku merasa ada yg mengganjal d tenggorokan,demam mual dan batuk2...bnr2 sangat menyiksa

    BalasHapus
  24. untuk sakit tenggorokan bisa di coba pake propolis. 1 hari biasanya sudah sembuh. Silahkan cek di www.propolis-madu.blogspot.com

    Ingin sukses bisnis online di www.rahasiausahaonline.com

    BalasHapus
  25. saya "sedang" di serang oleh radang tenggorokan. seminggu ini aktivitas terganggu. kepala pusing, badan menggigil, demam, pegel-pegel, suara hilang, parahnya buat telan ludah aja sakit.

    sudah terlalu sering makan antibiotik dan berbagai macam obat hisap dari merk a sampai z. kadang merasa khawatir jadi kebal atau kebanyakan obat malah ga bagus, tapi kalau ga dikasih obat juga ga tahan sakit.

    jeruk memang tidak disarankan untuk gangguan mulut, demikian juga cokelat.

    sebaiknya dilakukan pencegahan dan jika pengobatan secara alami ketika radang tenggorokan menyerang

    BalasHapus
  26. wahhhhh..
    numpank lwatt ja yyeeeee....,,,,

    BalasHapus
  27. sdh 9 hari suara serak banget,napas juga terasa sesak,telinga kanan bag. dalam terasa gatal baru hari ini sy berobat, kata dokter saya terkena faringitis kronis. tp oleh dokter tidak di uji lab, hanya pemeriksaan biasa, lalu di kasih obat anti biotik dan pereda nyeri. dimanakah klo mau periksa laboratorium?bisakah suara sy kembali normal lg?tks

    BalasHapus
  28. Waduhh Gan.. nih skrng ane lgi sakitt niH !! kaya ada yg ganjeL buat neLennyaa.. T_T

    BalasHapus
  29. Kalo berat, bisa minum antibiotik spiracyn, sangat ampuh buat radang kerongkongan dan saluran pernafasan yg disebabkan krn bakteri.

    BalasHapus
  30. klo saia ketika bangun tidur, tiba tenggorokan terasa sakit n nusuk2 tp cuma sebentar habis itu hilang,, saia tetap b'aktivitas, tp pas sorex tiba2 tenggorokan sprt ada yg m'halang, sakit sih tidak, cuma ada yg m'halang trus bikin susah nafas, n rasax ada yg m'najar2 d tenggorokan.
    Saia mw nanya, apa ini Radang Tenggorokan. Lalu bagaimana pengobatan yg efektif?

    BalasHapus
  31. Skrng saya jg kena radang nihhh
    gk enak bgt
    nelen makanan aj gk bs

    BalasHapus
  32. Berkumur dengan air garam hangat,itu yang belumsaya coba, nanti saya coba

    BalasHapus
  33. aduh dah banyak yg komen gni aja hindari makanan yg menyebabkan radang klo dh smbuh

    BalasHapus
  34. sejak kemarin...seperti ada yang mengganjal di temggorokan...sulit nelan...dan sendi leher kayak nyeri....

    BalasHapus
  35. apakah ada kaitannya, anatra bibir yg terasa kering dan pecah2 dgn pnyakit radang tenggorokan ????

    BalasHapus
  36. sungguh menyebalkan dengan penyakit ini, makan susah ngomong ga bisa
    ga mau lagi kena radang tenggorokan

    BalasHapus
  37. skit bgt qlo udh kna rdang tnggorokan .
    jd gg nfsu mkan , bdan jg jd gg enk .

    BalasHapus
  38. manstabbbb....informasinya,,,,semua benar...
    sakit banget kalo buat nelen makanan...
    gua coba dah cara pengobatannya....
    tank's...

    BalasHapus
  39. Sakit banget nih kena penyakit ini, pdhl lagi puasaaaa, jadi batal deh gara2 sakit bgt T_T

    BalasHapus
  40. gara" radang puasa ane jd jebol 1 dech
    :(

    BalasHapus
  41. Sya pernah coba dan berhasil. Blimbing wuluh 1-2bh diparut, tambahkan madu. Minum 2x sehari. Semoga cpt sembuh

    BalasHapus
  42. sakit ini kelihatanx sepele namun sungguh mengganggu aktivitas kita. berasa gak nyaman.. di bawa ini juga ada tips untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami.

    http://andidomingo.blogspot.com/2011/08/obat-alami-mengatasi-radang-tenggorokan.html

    BalasHapus
  43. Gara2 radang tenggorokan gw jd tidur di sofa,
    Takut nular ke istri dan baby..
    Please dishare dong yg udah pada sembuh tips2nya
    Thanks

    BalasHapus
  44. Aduh ni aq lg tkena RT kyknya dah kronis soalnya buat nelan ga mslh tp batuknya tu lho ga brhenti2 pkoknya hrs da yg dkluarin dl dr tnggorokan entah tu muntahan, dahak, ato air liur yg bdarah, dah ksiksa bgt deh..yg pling mbuat jengkel ad aktftas jd trganggu, mana aktftas bnyak komunikasi lisan lg...
    Bantuin dong obatnya

    BalasHapus
  45. Yg dah kna rdang pd ngrasa mual jga g??

    Q bnggung, muntah" kmaren mlm, brhubungan sma rdang tnggorokan atau krn memang masuk angin?
    Please jlasin

    BalasHapus
  46. skarang aq lg radang tenggorokan, btk terus byk keluar lendir, dikantor atau wkt mau tidur - ku ambil jahe setengah jempol (celup gula agar enak dilidah) digigit dikit2 ampe abis, emang pedih, lumayan batuknya dan gatal tenggoran kurang.( tapi tetap minum antibiotik agar cepat sembuh)

    BalasHapus
  47. biasanya kita sebelum sakit tenggorokan tuh pilek", nah disini kebanyakan orang males buang ingus jadinya radang tenggorokan deh.. lebih baik menyegah dari pada mengobati :D
    so sebelum muncul tuh radang kita cegah deh hal" yg bisa menyebabkan radang tenggorokan kita kambuh ...

    BalasHapus
  48. Menurut penjelasan Anda, sepertinya sekarang saya terkena radang tenggorokan akut dan kronis. krna, sya ssh menelan, demam, n sring batuk'', trus terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

    BalasHapus
  49. spertinya saya terkena radang kronis,krn hanya terasa ada yang mengganjal di tenggorokan,badan lemas,nafsu makan turun,jdnya tidak nyaman

    BalasHapus
  50. kadang2 sakit kadang2 ga, itu knpa ya??



    --------------------------------------------

    Dapatkan berbagai merek komputer pc di
    http://www.klikglodok.com/toko/77-komputer-pc

    Dapatkan berbagai merek notebook di
    http://www.klikglodok.com/toko/102-komputer-notebook

    Dapatkan Berbagai Merek Server di
    http://www.klikglodok.com/toko/228-komputer-server

    Dapatkan berbagai macam komputer tablet di

    http://www.klikglodok.com/toko/17-komputer-tablet

    Dapatkan macam-macam sparepart computer
    http://www.klikglodok.com/toko/63-komputer-spare-part

    Dapatkan macam-macam printer disini
    http://www.klikglodok.com/toko/34-printer

    BalasHapus
  51. veronica andreanto2 Agustus 2012 07.51

    tersiksa sangaaat , n bwat loow uga hrus ngrasain pndritaan gue ckrrang nii

    BalasHapus
  52. Saya jg sering terkena radang tenggorokan, rasanya ckp menyiksa disamping lendir yg mengalir biasanya diikuti batuk dan demam kadang hidung mampat kenungkinan krn terlalu cape dan terlalu serung berada du lingkungan yg dingin dan ber AC juga jarang berolahraga

    BalasHapus
  53. trimksh infox gan..
    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

    BalasHapus
  54. saya belum coba ke dokter,tp saya sudah mencoba resep2 yg diatas,semoga bisa berhasil dan menyembuhkan saya. makasih infonya gan

    BalasHapus
  55. Kayanya udah kronis ini udah 3th -_- gimana ngobatinnya..

    BalasHapus
  56. obat paten RT apa ya?

    BalasHapus
  57. saya juga langganan kena RT, tpi Alhamdulillah tahun ini dapat obt yg cocok dari dr spesialis THT. Clindamycin 300mg (3x1), Tison 4 (3x2 2hari pertama) (3x1 2hari ke2) (1x1 2hari ke3)

    BalasHapus
  58. rasanya pengen dcabut ne tenggorokan,,hahahaha

    BalasHapus