Minggu, 01 Februari 2009

RACUN DALAM KENTANG

Kentang adalah jenis umbi-umbian yang banyak digemari, tapi hati-hati loh, karena kentang juga mengandung racun alami. Racun alami yang dikandung oleh kentang termasuk dalam golongan glikoalkaloid. Ada dua macam racun utama pada kentang, yaitu solanin dan chaconine.

Kentang yang berwarna hijau, bertunas, dan secara fisik telah rusak atau membusuk dapat mengandung kadar glikoalkaloid yang tinggi. Racun tersebut terutama terdapat pada daerah yang berwarna hijau, kulit, atau daerah di bawah kulit. Kadar glikoalkaloid yang tinggi dapat menimbulkan rasa pahit dan gejala keracunan berupa rasa seperti terbakar di mulut, sakit perut, mual, dan muntah.
Untuk mencegah terjadinya keracunan, sebaiknya kentang dikupas kulitnya dan dimasak sebelum dikonsumsi.

Penyimpanan kentang harus diperhatikan, sebaiknya kentang disimpan di tempat yang sejuk, gelap, kering, dan dihindarkan dari paparan sinar matahari atau sinar lampu, karena jika kentang terpapar sinar (baik sinar matahari atau lampu) dalam waktu yang lama, maka jumlah sonalin yang dibentuk pada kulit kentang akan meningkat sehingga resiko keracunan pun akan meningkat.

Referensi: www.pom.go.id


6 komentar:

  1. wah aku gak begitu mudeng...
    tapi kebeneran banget aku benci kentang...
    jadinya kan kemungkinal kecil kena racun..
    he...3x

    BalasHapus
  2. artinya, kalau sudah dikupas dan dimasak, insya Allah ga ada masalah ya?

    BalasHapus
  3. artinya kita harus pilih kentang yang bagus mba, jangan yang masih berwarna hijau, dan ada tanda-tanda kebusukan apalagi yang sudah busuk...lalu pas penyimpanannya juga harus diperhatikan..........jika kita menggunakan kentang yang berkualitas, insyaAllah gak akan ada masalah....

    BalasHapus
  4. wah, saya suka kentang, tapi yg udah ada di warung-alias udah dibikin sayur kentang, hehe.

    tapi, terus terang masalah kentang saya belum tahu euy. makasih buat infonya.

    btw, sering2 aja di-postingkan artikel2x terbaru ttg kesehatan mbak.

    hatur nuhuun

    BalasHapus