Kamis, 25 Desember 2008

RACUN DALAM BIJI BUAH-BUAHAN

Ketika anda memakan buah-buahan yang berbiji, apakah secara tak sengaja anda pernah memakan bijinya ?….tentunya buah-buahan yang berbji kecil, bukan biji yang gede kaya biji durian……Anda perlu waspada dengan biji tersebut, karena biji itu ternyata mengandung racun…..tapi biji pada buah apakah yang mengandung racun?

Beberapa biji buah-buahan mengandung racun glikosida sianogenik, contohnya biji pada buah apel, aprikot, pir, plum, ceri, dan peach.
Secara normal, kehadiran glikosida sianogenik itu sendiri tidak membahayakan. Namun, ketika biji segar buah-buahan tersebut terkunyah, maka zat tersebut dapat berubah menjadi hidrogen sianida, yang bersifat racun.
Gejala keracunannya mirip dengan gejala keracunan singkong dan pucuk bambu, diantaranya: penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala, bahkan pada kasus berat dapat menimbulkan kematian.
Dosis letal (mematikan) dari sianida berkisar antara 0,5-3,0 mg/Kg berat badan.

Jadi, waspadalah terhadap biji buah-buahan yang mengandung racun tersebut, jangan lupa untuk membuang bijinya sebelum memakan dagingnya……..

Referensi:
www.bpom.go.id



8 komentar:

  1. mo tanya bu... aprikot tu apa yak? alpukat bukan?

    BalasHapus
  2. aprikot itu bukan alpukat (tapi mereka berasal dari kerjaan, divisi dan kelas yang sama...pelajaran biologi, masih inget gak????...tapi ordo dan familinya beda. kalau aprikot ordonya Rosales, famili Rosaceae ...sedangkan alpukat, ordonya Laurales, familinya Lauraceae),.... memang dipasaran Indonesia kayaknya aprikot ini jarang ditemukan...tapi kalau disupermaket besar mungkin ada...mas dedi bisa lihat di www.id.wikipedia.org tentang penjelasan buah aprikot, disana ada informasi tentang klasifikasi ilmiah sekaligus gambar buah dan daunnya...

    BalasHapus
  3. maksudnya bukan kerjaan tapi kerajaan...

    BalasHapus
  4. wah saya baru tahu ternyata biji apel itu berbahaya ya kalau termakan..thanks sangat bermanfaat dlm kehidupan sehari2 :)

    BalasHapus
  5. ups! bahaya ya? makasih bgt infonya.. jd bisa lebih hati2 :)

    BalasHapus
  6. bu mw tanya apakah biji rambutan mengandung sianida,..truz posting frofil tentang zat yang terkandung pada rambutan tanks

    BalasHapus
  7. insyaAllah nanti saya bikin tulisan tentang profil zat yang terkandung dalam buah rambutan

    BalasHapus
  8. mba heny, bisa menolong saya kah?

    suatu saat anak saya tanya (saat makan buah jeruk) pada saya : ibu, kenapa (buah) jeruk ada bijinya?

    duh, saya bingung jawabnya dan akhirnya bilang : ibu gak tahu jawabannya, tapi nanti ibu baca buku dulu ya, buat cari tahu jawabannya.

    BalasHapus