Minggu, 29 Juni 2008

MULTI KHASIAT BAWANG PUTIH


Bawang putih yang mempunyai nama latin Allium Sativum adalah salah satu jenis bumbu dapur yang sudah sangat terkenal. Dengan bawang putih, masakan anda akan lebih beraroma. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat digunakan untuk pencegahan maupun pengobatan beberapa penyakit.

Kandungan dan manfaat bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa yang disebut aliin, senyawa inilah yang menyebabkan bawang putih terasa getir, ketika bawang putih dihancurkan (dicacah/dihaluskan), aliin akan terurai (dengan bantuan enzim alinase) menjadi alisin (suatu dialil sulfide), amonia, dan asam piruvat. Bawang putih yang dihancurkan tersebut akan menimbulkan bau karena terjadi dekomposisi dialil disulfide menjadi sulfur.
Alisin memiliki manfaat sebagai berikut:

1)Antibakteri dan antijamur
Allisin dikenal mempunyai daya antibiotik. Alisin juga berfungsi sebagai anti jamur.
Kemampuan bawang putih sebagai antibakteri akan menurun, jika kadar alisin menurun drastis. Alisin hanya efektif dalam waktu singkat dan akan segera menguap dan hilang. Alisin hanya ada pada bawang putih yang masih mentah.

2)Mampu mencegah timbulnya sel-sel tumor, dan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Hasil penelitian Dr. Robert dan Dr. Paresh Dandona dari Universitas New York dan Prof.Dr. Fillmore Freeman dari Universitas California menyatakan bahwa minyak astiri bawang putih memiliki efek pencegahan timbulnya kanker dan tumor pada manusia.

3) Allisin juga berperan dalam mengatur sirkulasi darah, sehingga bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan darah tinggi

4) Menurunkan kadar kolesterol
Konsentrasi LDL (lemak jahat) yang tinggi di dalam darah sangat berpotensi menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah. Berdasarkan hasil riset Michelle H. Loy and Dr. Richard S. Rivlin dari Memorial Sloan-Kettering Cancer Center and Weill Medical College, New York, menyatakan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol LDL karena ekstrak bawang putih mempunyai khasiat sebagai antioksidan.

5) Memperlambat proses penuaan
Ekstrak bawang putih yang berkhasiat sebagai antioksidan, juga dapat digunakan untuk memperlambat terjadinya proses penuaan

Senyawa lain yang terkadung dalam bawang putih adalah Germanium, bersama dialil sulfide dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Bentuk sediaan
Bawang putih dapat disediakan dalam bentuk:
1. Sebagai bawang putih utuh
2. Serbuk, dapat dimasukkan ke dalam kapsul
3. Ekstrak

Efek samping
Jangan mengkonsumsi bawang putih mentah terlalu banyak, karena dapat berefek menurunnya sel darah merah
Untuk menghindari efek samping bawang putih, maka dapat diatasi dengan cara mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit-sedikit tetapi sering.

Kontraindikasi
Pada penobatan jamur kulit, orang yang sensitive harus berhati-hati karena Alisin dapat menyebabkan kulit terbakar.

Referensi
Dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. kalau untuk menentukan kadar total senyawa yang terkandung dalam bawang putih dengan spektrofotometri pakai reagen apa aja ya??
    maaf tanyanya agak aneh..

    BalasHapus